Senin, 22 Oktober 2012


EKOLOGI DI LAHAN PERTANIAN


Pupuk hayati EvaGROW meangun dan mempertahankan keseimbangan ekologis di lahan pertanian. Pertanian yang sehat dan berkesinambungan menjadi terwujud.



Pertanian EvaGROW mampu untuk memelihara dan membangun keseimbangan ekologis dalam areal pertanian. Keseimbangan ekologis menjadi penting untuk keberlanjutan pertanian yang sehat dan kontinyu.
Pada areal persawahan misalnya petani disarankan untuk menanami area terbatas pada galangan sawah. Sebaiknya galangan sawah dibuat sedikit lebar dan luas, minimal 80 cm. Areal galangan ini ditanami dengan tanaman produktif, sehingga petani akan mendapatkan manfaatnya. Setidaknya ada dua manfaat penting yang akan didapatkan petani, jika memulai menanami galangan pada sawah dengan tanaman produktif, yaitu :
1. Secara ekonomis petani akan mendapatkan manfaat secara finansial. Hasil panen produk pertanian dari tanaman yang dibudidayakan di areal galangan sawah akan meningkatkan pendapatan petani hari demi hari. Bilamana pentani mengandalkan penghasilan dari hasi panen tanaman padi, yang didapatkan setiap 3 - 4 bulan sekali, maka berapa lama petani akan ‘puasa’ menunggu panen tiba. Namun bila petani mendapatkan hasil panen dari tanaman yang ditanam pada galangan, paling tidak petani akan memetik hasil panen setiap minggu atau setiap bulan tergantung jenis tanaman yang ditanamnya.
2. Berdasarkan konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT), tanaman-tanaman yang dibudidayakan pada galangan sawah sangat bermanfaat untuk menangkal serangan hama pada lahan Padi. Hama yang menyerang tanaman Padi menyerbu melalui pembauan yang tajam akan bau khas tanaman Padi. Ketika ada tanaman atau bau khas dari tanaman lain yang ditanam di galangan sawah, maka hama akan menghindar jauh. Hama-hama akan mencari inang sasaran berupa tanaman Padi pada areal yang lain. Selamat sudah areal tanaman Padi petani yang ditanami tanaman budidaya di seketar galangan sawahnya dari serangan hama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar