Selasa, 20 Maret 2012

PENGORGANISASIAN


PENGORGANISASIAN

LATAR BELAKANG
Pengorganisasian adalah salah satu fungsi management yang juga mempunyai peranan penting seperti halnya fungsi perecanaan. Melalui fungsi pengorganisasian, seluruh sumber daya yang di miliki oleh organisasi (manusia dan bukan manusia) akan diatur penggunanya secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
DEFINISI
Pengorganisasian adalah langkah untuk menetapkan, menggolongkan dan mengatur bebagai macam kegiatan, menetapkan tugas-tugas pokok, wewenag dan pendegelasian wewenang oleh pimpinan kepada stafdalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Berdasarkan definisi tersebut maka fungsi pengorganisasian merupakan alat untuk memadukan (singkronisasi) dan mengatur semua kegiatan yang ada kaitannya dengan personil, financial, material dan tata cara untuk mencapai tujuan organisasi yang telah disepakati bersama.
MANFAAT PENGORGANISASIAN
Dengan mengembangkan fungsi pengorganisasian, seorang maneger dapat mengetahui:
~ pembagian tugas untuk perorngan atau kelompok
~ hubungan organisatoris antar manusia yang menjadi anggota dan staf organisasi
~ pendelegasian wewenang
~ pemanfaatan dan fasilitas fisik yang dimiliki organisasi
LANGKAH-LANGKAH PENGORGANISASIAN
6 langkah penting dalam menyusun fungsi pengorganisasian yaitu :
~ tujuan organisasi harus dipahami oleh staf
~ memebagi habis pekerjaan dalam bentuk kegiatan pokok untuk mencapai tujuan
~ menggolongkan kegiatan pokok kedalam suatu kegiatan yang praktis kedalam
   Elemen kegiatan
~ menetapakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh staf dan menyediakan fasilitas
    Pendukung yang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya.
~ penugasan personel yang dipandang mampu melaksanakan tugas
~ mendelegasikan wewenang
WEWENANG DALAM PENGORGANISASIAN
Wewenang adalah kekuasaan atau hak untuk memerintah atau meminta orang lain untuk bebuat sesuatu dan dibatasi memlalui uraian tugasnya sesuai dengan fungsi dan kedudukan staf dalam sebuah organisasi. Dengan pembagian wewenang dapat dibedakan berbagai tipe organisasi yaitu :
~ wewenang lini (Linie auutority) yaitu wewenang yang mengalir secara vertical. Pelimpahan wewenang dari atas kebawah dan pengwasan langsung oleh pemimpin kepada staf yang menerimanya.
~ wewenang staf (Staf authority) yaitu wewenang yang mengalir kesamping yaitu wewenang yang diberikan kepada staf khusus untuk membantu melancarkan tugas staf yang diberikan wewenang lini. Wewenang diberikan karena ada spesialisasi adanya tugas-tugas managerial yang terkait dengan fungsi staf seperti pengwasan, pelayanan kepada staf, atau penasihat.
~ wewenang staf dan llini. Perpaduan antara wewenang lini dan staf merupakan bentuk struktur organisasi yang paling umum saat ini. Bentuk organisasi kalihatan kompleks tetapi sesungguhnya adalah pengembangan dari bentuk lini dan staf.
ORGANISASI DALAM SISTEM SOSIAL
Organisasi sebagai wadah kerja sama manusia untuk mencapai tujuan besama harus dapat dipahami sebagai sebuah system social karena sumber daya utamanya adalah manusia. Didalam sebuah system terdapat subsistem lain yang saling berinteraksi satu sama lain. Subsistem tersebut antara lain :
~ subsistem Administrasi
~ subsistem Informasi
~ subsistem Ekonomi
~ subsistem Sosial               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar