PENGORGANISASIAN
LATAR BELAKANG
Pengorganisasian adalah salah satu fungsi management
yang juga mempunyai peranan penting seperti halnya fungsi perecanaan. Melalui
fungsi pengorganisasian, seluruh sumber daya yang di miliki oleh organisasi
(manusia dan bukan manusia) akan diatur penggunanya secara efektif dan efesien
untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
DEFINISI
Pengorganisasian adalah langkah untuk menetapkan,
menggolongkan dan mengatur bebagai macam kegiatan, menetapkan tugas-tugas pokok,
wewenag dan pendegelasian wewenang oleh pimpinan kepada stafdalam rangka
mencapai tujuan organisasi.
Berdasarkan definisi tersebut maka fungsi
pengorganisasian merupakan alat untuk memadukan (singkronisasi) dan mengatur
semua kegiatan yang ada kaitannya dengan personil, financial, material dan tata
cara untuk mencapai tujuan organisasi yang telah disepakati bersama.
MANFAAT PENGORGANISASIAN
Dengan mengembangkan fungsi pengorganisasian, seorang
maneger dapat mengetahui:
~ pembagian tugas untuk perorngan atau kelompok
~ hubungan organisatoris antar manusia yang menjadi
anggota dan staf organisasi
~ pendelegasian wewenang
~ pemanfaatan dan fasilitas fisik yang dimiliki
organisasi
LANGKAH-LANGKAH PENGORGANISASIAN
6 langkah penting dalam menyusun fungsi pengorganisasian
yaitu :
~ tujuan organisasi harus dipahami oleh staf
~ memebagi habis pekerjaan dalam bentuk kegiatan pokok
untuk mencapai tujuan
~ menggolongkan kegiatan pokok kedalam suatu kegiatan
yang praktis kedalam
Elemen kegiatan
~ menetapakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh
staf dan menyediakan fasilitas
Pendukung yang
diperlukan untuk melaksanakan tugasnya.
~ penugasan personel yang dipandang mampu melaksanakan
tugas
~ mendelegasikan wewenang
WEWENANG DALAM PENGORGANISASIAN
Wewenang adalah kekuasaan atau hak untuk memerintah atau
meminta orang lain untuk bebuat sesuatu dan dibatasi memlalui uraian tugasnya
sesuai dengan fungsi dan kedudukan staf dalam sebuah organisasi. Dengan
pembagian wewenang dapat dibedakan berbagai tipe organisasi yaitu :
~ wewenang lini (Linie auutority) yaitu wewenang yang
mengalir secara vertical. Pelimpahan wewenang dari atas kebawah dan pengwasan
langsung oleh pemimpin kepada staf yang menerimanya.
~ wewenang staf (Staf authority) yaitu wewenang yang
mengalir kesamping yaitu wewenang yang diberikan kepada staf khusus untuk
membantu melancarkan tugas staf yang diberikan wewenang lini. Wewenang
diberikan karena ada spesialisasi adanya tugas-tugas managerial yang terkait
dengan fungsi staf seperti pengwasan, pelayanan kepada staf, atau penasihat.
~ wewenang staf dan llini. Perpaduan antara wewenang
lini dan staf merupakan bentuk struktur organisasi yang paling umum saat ini.
Bentuk organisasi kalihatan kompleks tetapi sesungguhnya adalah pengembangan
dari bentuk lini dan staf.
ORGANISASI DALAM SISTEM SOSIAL
Organisasi sebagai wadah kerja sama manusia untuk
mencapai tujuan besama harus dapat dipahami sebagai sebuah system social karena
sumber daya utamanya adalah manusia. Didalam sebuah system terdapat subsistem
lain yang saling berinteraksi satu sama lain. Subsistem tersebut antara lain :
~ subsistem Administrasi
~ subsistem Informasi
~ subsistem Ekonomi
~ subsistem Sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar